Home / bisnis / 3 Rahasia Tips Bisnis Hewan Kurban Sukses

3 Rahasia Tips Bisnis Hewan Kurban Sukses

Ada banyak rahasia dibalik doa menyembelih hewan Qurban, sama seperti ada banyak rahasia tips sukses dalam berbisnis hewan Qurban. Ya, tentu saja siapapun bakal tergiur menjalankan bisnis hewan qurban. Sebab pada saat hari raya idul adha, sudah pasti kebutuhan hewan qurban meningkat pesat. Dan kini ibadah hari raya qurban sebentar lagi.

Pada saat hari raya ini, banyak sekali peternak dan penjual hewan ternak meraup keuntungan besar. Biasanya mereka bisa menjual banyak hewan ternak melebihi hari-hari biasanya. Bahkan banyak yang sampai mendirikan tenda-tenda semi permanen dipinggir jalan dalam menjual hewan qurban. Permintaan pada hewan qurban yang terus meningkat, ternyata juga juga diimbangi dengan harga yang terus naik.

Tips Bisnis Hewan Kurban

Tips Bisnis Hewan Qurban Terbaik

Siapapun boleh ikut terjun dalam bisnis hewan qurban, tapi agar kamu yang ikutan terjun sukses menjalankan bisnis tersebut, ada baiknya kamu pahami beberapa tips berikut ini.

  1. pahami Aturan Hewan Layak Jadi Hewan Kurban

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah soal aturanya. Ingat bahwa tidak semua hewan boleh dijadikan sebagai hewan qurban. Maka kamu harus mengetahui secara lengkap bagaimana aturan jual beli untuk hewan qurban. Misalnya hewan tersebut harus yang berumur berapa, kondisi fisiknya bagaimana dan lain sebagainya agar layak sebagai hewan qurban.

Pemahaman yang baik akan memudahkan kamu dalam berjualan hewan qurban. Juga akan meminimalisir kerugian karena hewan yang kamu jual ternyata tidak layak. Pastikan saja bila kamu membeli hewan qurban, kamu hanya memilih yang terbaik dan yang layak dijadikan sebagai hewan qurban. So, keuntungan bakal kamu dapatkan.

  1. Tentukan Modal dan Jenis Hewan

Ada banyak jenis hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan qurban. Ada sapi, kerbau, kambing dan unta. Masing-masing hewan punya jenis yang berbeda pula. Ada sapi jawa, sapi merah, sapi madura dan lainya. Juga, tiap-tiap jenis memiliki harga yang berbeda. So, kamu harus terlebih dahulu menentukan jenis hewan apa yang akan kamu beli. Sebab jenis hewan yang akan kamu beli sangat menentukan berapa modal yang akan kamu keluarga dan strategi pemasaran yang akan kamu lakukan.

Jika kamu hanya beli kamping, modal yang akan kamu keluarkan perekor sekitar 2 juta. Tapi kalau kamu memilih sapi, modal yang harus kamu siapkan perekor sekitar 15 juta.

Nah kalau kamu memilih kerbau tentu saja modalnya lebih besar. Lalu strategi pemasaran jual kambing berbeda dengan sapi dan kerbau. Sapi dan kerbau biasanya yang beli untuk qurban adalah yang punya ekonomi cukup melimpah, sedang kambing biasanya merata bisa dibeli siapa saja. Umumnya, sapi dan kambing lebih mudah dijual dan banyak peminatnya.

  1. Persiapkan Modal, Tempat dan Pakan

Sudah tentukan jenis hewan apa yang akan kamu jual? Selanjutnya tentukan modal, pakan dan juga tempatnya. Ingat, bahwa kamu tidak mungkin hanya menjual satu ekor kambing saja atau satu ekor sapi saja jika ingin bisnis hewan qurban. Minimal 10 ekor kambing dan 3 ekor sapi. Itu sudha terlihat bagus untuk mengisi kandang jualan kamu.

Nah, selanjutnya tentukan pakan hewan qurban kamu. pilih yamg sederhana dan bisa membuatnya terlihat gemuk, agar tidak mengecewakan pelanggan. Juga jangan lupa, tempatkan tempat jualan kamu dekat dengan pelanggan agar pelanggan bisa melihat secara langsung hewan yang kamu jual.

Nah itulah beberapa tips bisnis hewan qurban yang banyak dilakukan oleh para pengusaha. Pastikan kamu paham betul dengan hewan yang kamu beli.

Peluang Usaha Terbaru, Sampingan & Online

About Peluang123

Check Also

3 Bidang Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, suatu saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *