Home / bisnis / 6 Cara Mendapatkan Uang dari Ngeblog

6 Cara Mendapatkan Uang dari Ngeblog

Cara mencari uang dengan internet sangatlah beragam, diantaranya kita bisa menggunakan media blog, sosial media, maupun forum dengan modal kecil maupun besar. Berikut ini usaha menggunakan inernet dengan menggunakan modal yang menimal.

Cari Uang Dari Internet Dengan Blogging

Untuk metode ini kita harus mengejar traffik yang banyak agar blog dapat menghasilkan uang. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencari uang dengan metode blogging ini. Semisal saja:

1. Menjual Slot Iklan

Bila blog kita sudah memiliki trafik harian mencapai 5000 kunjungan atau lebih, kita dapat menetapkan tarif memasang iklan di blog kita. Untuk biaya iklan ini tergantung dengan ukuran dan juga letak dari iklan tersebut.

2. Memasang Iklan Jenis PPC (Google Adsense)

Yang satu ini mirip Google Adsense, namun metode ini benar-benar mengandalkan trafik. Untuk Google Adesense akan memberikan tarif berdasarkan kompetisi kara kunci, sebab itu amat penting bagi kita untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Tapi untuk penyedia layanan PPC yang menyediakan bayaran tetap, kita tinggal mengalikan bayaran tersebut dengan jumlah pengunjung dikalikan dengan faktor konversi.

Tetapi, tidak mudah menggunakan jenis iklan ini, karena setiap blog itu beda-beda hasilnya tergantung topiknya. Misalkan 10.000 pengunjung tiap hari dari blog gado-gado (general/umum) beda hasilnya dengan pengunjung 10.000 blog dengan satu topik misalkan bisnis.

PPC sangat tergantung pada dua hal yaitu CPC dan CTR. CPC itu nilai dari setiap klik, dan CTR itu prosentase orang yang ngeklik dari total pengunjung.

Misalkan pengunjung 10.000/hari, dengan CTR 2% maka yang ngeklik itu 2% dari 10.000 yaitu 200 klik setiap harinya. Dan untuk mendapatkan CTR 2% itu juga sangat susah, apalagi nilai CPC Indonesia itu sangat rendah bila dibanding luar negeri.

Bayangkan saja di luar negeri itu CPCnya diatas $ 0.3/klik kalau di Indonesia hanya $ 0.01-$ 0.03/klik. Dan CTR rata-rata itu dibawah 2%, menurut pengalaman teman-teman saya rata-rata CTR hanya 1-1,5% saja. Bisa kebayang kan? Jika blog gado-gado Indonesia punya visitor 10.000 CTR 1% CPC $ 0.02 maka sehari kita hanya dapat $ 2 saja! Hanya Rp 26.000 dengan kurs 13.000/dollar.

3. Memasang iklan afiliasi / affiliate

Yang membedakan afiliasi dengan reseller ini adalah besar keuntungannya. Bila reseller kita tetapkan sendiri tapi afiliasi ini telah ada aturan prosentasi yang  menjadi bagian keuntungan  kita.

Untuk program afiliasi ini kita hanya mengarahkan pembeli ke situs penyedia layanan, dan setelahnya kita bisa lepas tangan. Dan perusahaan afiliasi akan mengelola segalanya untuk kita. Tapi hal tersulit adalah memilih perusahaan afiliasi yang terpercaya dan handal.

Yang biasa digunakan adalah afiliasi domain hosting atau produk-produk digital. Untuk mendapatkan produk-produk bagus untuk diafiliasikan silahkan kunjungi ratakan.com dan idaff.

Cari Uang Dengan Menjual E-Book

Untuk yang satu ini boleh dibilang paling sulit.Karena sekarang ini segala sesuatu informasi sudah tersedia di internet. Sehingga banyak yang berfikiran lebih baik mencari di internet dari pada membeli e-book.

Untuk itu akan lebih baik kita harus sukses dalam bidang tertentu agar lebih sukses dalam menjual e-book. Dan bila kita sudah sukses, maka para pembeli akan berikiran untuk membeli e-book kita. Sebaliknya bila kita reputasi saja belum punya, maka jangan pernah sakit hati bila jualan kita tak laku.

Mencari Uang di Internet Dengan Program Reseller Produk

Apabila kita tak bisa memproduksi barang dan mempunyai modal minimal, mungkin salah satu usaha yang dapat kita jalankan adalah menjadi reseller. Reseller adalah menjualkan produk dari orang lain, boleh dikatakan kita membantu menjualkkannya saja.

Tapi disini kita dapat menentukan harga jual sendiri, dan biasanya kita akan mendapatkan harga beli yang sedikit murah. Dengan mengikuti program reseller ini bukan hanya menggunakan modal yang sedikit tapi juga akan meninimalkan resiko kerugian. Disini akan mengambil contoh dari bisnis jual pulsa dan juga reseller produk pakaian jadi.

1. Jual Pulsa Elektrik

Kita dapat menjadi seorang “delaer” yang mencari “agen penjual pulsa” dari sebuah server pulsa elektrik. Biasanya dalam sistem ini sering disebut dengan “markup”. Disini kita dapa menentukan “kenaikkan harga” dari setiap penjual yang dilakukan oleh agen yang kita daftarkan.

Semisal kita menentukan “markup” sebesar Rp. 50 untuk agen kita. Artinya setiap kali agen kita melakukan pengisian pulsa, maka kita akan mendapatkan penghasilan Rp. 50. Untuk metodenya kita dapat menggunakan sesuai dengank kemampuan kita, baik itu SEO, forum maupun lewat facebook.

Bila kita menggunakan SEO dan membuat blog kita perharinya dikunjungi oleh 150 orang, Dan bila ada 6% yang mendaftarkan  menjadi agen, maka paling tidak ada 9 orang yang akan menjadi agen kita perharinya, bila sebulan maka akan ada 27 orang.

Kita anggap saja ada 10% yang aktif dalam berjualan maka setidaknya akan ada 27 orang yang aktif tiap bulannya. Dan tiap agen berhasil menjual 7 pulsa per harinya, maka paling tidak kita penghasilan kita perbulannya adalah :

Rp. 50 x 27 x 7 x 30 = Rp. 283.500,00

Memang itu jumlah uang segitu bukan jumlah besar. Tapi ingat itu bulan pertama, dan bila kita bisa mengoptimalkan SEO kita maka tak mungkin tiap bulannya penghasilan kita akan naik.

Ada sedikit tips, untuk mempermudah dalam penambahan agen, maka akan ada baiknya bila kita melampirkan nama dari 10 terakhir pada sidebar. Tapi jangan mencantumkan nomor secara utuh, paling tidak 7-9 diget pertama saja. Hal ini untuk menghindari agen kita dicuri pesaing kita.

Satu hal yang perlu kita ingat disini keuntungan tersebut masih dalam bentuk pulsa, sehingga kita harus menjual pulsa tersebut agar mendapatkan uangnya. Dan juga harus mengawasi server pelayanan server kita. Agar agen yang dimilik mendapatkan pelayanan yang terbaik.

2. Reseller Pakaian Jadi

Disini kita dapat menjual bergama jenis pakian, mulai dari jaket, kaos, jersey maupun yang lainnya. Keuntunga yang kita dapatkan yakni dengan selisih harga beli dengan harga jual yang kita tentukan sendiri. Tapi jangan khawatir biasanya beberapa produsen barang akan menawarkan harga khusus bagi reseller.

Mungkin sudah banyak yang menjalankan bisnis ini, tapi tak melihat uang (keuntungan) sama sekali. Karena keuntunga yang didapat dari bisnis ini sangatlah kecil, yakni kisaran 0,1-2% saja. Untuk itu pastikan kita memilih segmen pasar yang pas.

Dan salah satunya yang bisa lakukan adalah menguasai SEO, kerana pencari dari mesin pencari umumnya memang membutuhkan suatu barang yang akan kita tawarkan. Sehingga hal tersebut akan mengubah mereka menjadi pembeli. Dan sedikit tips agar mengubah mereka menjadi pembeli, pertama kita harus bisa memperoleh rasa percaya dari para pengunjung. untuk melakukan hal tersebut kita dapat melakukan :

  1. Gunakanlah domain yang prabayar, paling tidak kita modal sedikit untuk menyewa sebuah domain. Tapi tak perlu yang mahal, kita bisa mengeluarkan uang Rp. 100 ribu untuk setahun penuh.
  2. Kita juga dapat memasangka pin BB, dan nomor hp kita. Dan yang paling penting janganlah sering mengubah nomor serta pin BB tersebut.
  3. Pilih sebuah desain yang berkelas, jangan murahan dan ala kadarnya. Yang dimaksud berkelas disini bukan berarti harus ribet dan terlalu ramai.

Mari kita mulai perhitungannya, semisal blog kita mendapatkan kunjungan 750 orang perharinya dan paling tidak ada 2% orang yang menjadi pembeli maka kita akan mendapatkan 15 penjual tiap harinya. Dan bila kita menetapkan keuntungan sebear Rp. 20.000,00 setiap penjualannya, maka kita akan memperoleh penghasilan sebesar Rp. 300.000,00 per harinya.

Yang penting kita harus mempunyai website, memasang nomor rekening, kontak kita, dan memajang produk-produk yang dijual disertai dengan harga yang sudah kita naikkan sebelumnya. Setelah kita mendapatkan tranfer, maka kita melakukan pemesanan kepada “penyalur kita” (yang punya barang).

Dan mentranfer uang ke pemilik barang dengan nominal sesuai kesepakatan. Pastikan juga kita menyebutkan “DROPSHIP” agar barang dikirim dengan nama kita. Oh iya kita juga harus menghitung biaya ongkir dari barang, dan umumnya ini dibebenkan kepada pembeli. Sehingga pembeli harus membayar harga barang plus ongkir.

Untuk kesulitan menjadi reseller ini adalah stok barang yang diluar kendali kita. Sehingga pastikan sebelum menerima pesanan kita menanyakan dulu apakah barang masih tersedia atau tidak.

Mungkin itu dulu yang dapat kita sharing kepada Anda semua tentang metode mencariuag dari internet. Intinya dari semua itu adalah trafik yang membaca promosi kita. Trafik ini kita dapatkan dari kerja keras untuk mengundang sebanyak mungkin orang dari media sosial amupun sebuah forum, atau kerja keras agar blog maupun website menjadi populer di mesin pencarian.

The post 6 Cara Mendapatkan Uang dari Ngeblog appeared first on Rocket Manajemen.

Bisnis – Rocket Manajemen

About Peluang123

Check Also

3 Bidang Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, suatu saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *