Home / bisnis / 7 Peluang Usaha Sayuran Hidroponik Yang Bisa Anda Lakukan

7 Peluang Usaha Sayuran Hidroponik Yang Bisa Anda Lakukan

sayuran-hidroponikTidak ada yang sulit untuk berbisnis di era modern ini, contohnya adalah usaha di dunia hidroponik. Dan inilah 7 Usaha sayuran hidroponik yang bisa anda lakukan untuk memberikan penghasilan tambahan di rumah.
Tanaman hidroponik merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin bertanam di lahan terbatas. Media tanam yang digunakan juga tidak terlalu sulit, karena hanya butuh air yang cukup untuk menumbuhkan tanaman atau sayuran.
Ada banyak kelebihan yang didapatkan dari bertanam hidroponik ini. Yakni selain bisa dimanfaatkan di lahan terbatas, ternyata kelebihannya adalah ramah lingkungan dan lebih irit biaya.
Tapi perlu diingat, media tanam ini akan memakan biaya cukup mahal di awal. Tapi setelahnya, akan terasa lebih murah karena media tanamnya bisa didapatkan dengan mudah seperti menggunakan botol bekas dan lain sebagainya.
Keterkaitan dengan bisnis, Anda tentu saja bisa mendapatkan raupan uang cukup besar ketika mulai melirik bisnis sayuran hidroponik ini.
Ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik ini. Dan ini bisa membuat Anda lebih lega ketika mau mengusung bisnis sayuran tapi terkendala dengan lahan.
Nah, mau tahu apa saja jenis sayuran hidroponik yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang? Yuk simak informasinya di bawah ini!
Tanaman Selada Hidroponik
Selada bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin memulai usaha sayuran. Sayuran jenis ini cukup banyak diminati karena memang rasanya yang lebih enak, dan tentunya lebih bergizi tinggi.
Menariknya, sayuran ini bisa ditanam dengan cukup mudah menggunakan media tanam hidroponik. Khususnya untuk sayuran selada air.
Yang lebih menguntungkan, pebisnis bisa terus mengambilnya di tiap hari. Karena cara pengambilannya hanya dengan memotong sayuran, dan sisanya akan tumbuh kembali.
Dengan adanya kelebihan ini, jelas raihan uang akan cukup besar. Khususnya bila Anda sudah tahu pasar yang tepat untuk sayuran tersebut.
Tanaman Hidroponik Kangkung
Selain selada, sayuran kangkung juga bisa dilirik. Karena tanaman ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat tanah air.
Sayuran ini juga bergizi tinggi, dan tentunya lebih menyehatkan. Karena kandungannya yang bagus untuk kesehatan.
Nah, bagaimana cara menanam hidroponik kangkung? Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan awal yang terlintas di benak Anda.
Jika benar, cara tanamnya cukuplah mudah. Bahkan bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana sehingga Anda tidak perlu kerepotan saat menanam sayuran tersebut.
Untuk cara yang pertama, Anda bisa menyiapkan sebuah pipa yang ukurannya cukup besar. Pipa ini dijadikan sebagai wadah yang nantinya akan menjadi tempat hidup dari sayuran kangkung tersebut.
Selain dengan menggunakan pipa, Anda juga bisa menanam kangkung secara hidroponik dengan menggunakan baskom bekas.
Kemudian wadah-wadah tersebut diberi dengan keranjang bolong-bolong. Tujuannya adalah untuk menempatkan benih kangkung, kemudian berilah air secukupnya serta tutuplah dengan plastik untuk menjaga kelembabannya.
Tanaman Hidroponik Sawi
Jenis sayuran hidroponik tidak hanya melulu kangkung dan selada. Sawi juga bisa ditanam dengan teknik hidroponik.
Sayuran jenis ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Contohnya adalah ditambahkan dalam mie ayam, bakso, atau sebagai lalapan lainnya.
Rasanyapun enak sehingga banyak konsumen yang suka mengkonsumsinya. Dan jika dilihat dari sisi bisnis, ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk menyediakan penjual-penjual yang memang memanfaatkan sayuran tersebut.
Tanaman Hidroponik Tomat
Bagi Anda yang ingin mendapatkan panen lebih banyak, dan bisa didapatkan setiap harinya, maka pilihan tepat jika Anda melirik tanaman tomat ini.
Menanam tomat ini juga terbilang mudah, apalagi ketika ditanam menggunakan metode hidroponik ini.
Yang perlu disediakan hanyalah media tanamnya yang cukup besar. Karena tanaman tomat ini akan tumbuh  lebih besar.
Seiring dengan tumbuh besarnya tanaman tomat, ini mengindikasikan jika buah yang akan dihasilkan juga akan lebih banyak.
Untuk mendukung subur dan tumbuh kembangnya tanaman, diperlukan pupuk hidroponik yang tepat. Yakni bisa menggunakan pupuk organik untuk menjaga kualitas tanamannya.
Dengan pemberian pupuk yang tepat, tanaman akan lebih cepat tumbuh dan subur. Konsekuensinya, hasil yang akan didapatkan akan jauh lebih besar.
Tanaman Hidroponik Mentimun
Anda suka mengkonsumsi mentimun? Sama seperti kebanyakan orang. Mentimun bisa menjadi komoditi paling berharga walaupun harganya memang tidak terlalu mahal seperti kebanyakan sayuran.
Namun untuk masalah digemarinya sayuran, maka mentimun adalah yang paling diunggulkan. Karena mengkonsumsi mentimun ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Contohnya adalah dikonsumsi secara langsung, atau dimasukkan dalam sebuah hidangan pelengkap seperti lalapamn.
Tak hanya itu saja, sayuran mentimun ini juga seringkali dimanfaatkan untuk masker wajah. Dengan kata lain, pemanfaatan mentimun ini akan jauh lebih besar dibandingkan dengan sayuran jenis lainnya.
Menyadari akan peluang ini, Anda bisa memulai bisnis sayuran hidroponik dengan pilihan jenis tanaman mentimun ini. Toh, harga benihnya murah, dan masa panennya jauh lebih cepat setidaknya 3 bulan saja sudah bisa memetik buahnya.
Tanaman Hidroponik Bayam
Hidroponik bayam juga bisa dilirik untuk dijadikan sebagai pilihan selanjutnya. Alasannya tentu saja untuk meraih pundi-pundi uang ketika telah selesai dipanen.
Sayuran jenis ini juga cukup diminati, bahkan cara tanam hidroponik bayam tergolong paling mudah. Hanya saja, Anda butuh persiapan yang matang untuk urusan perawatan.
Untuk persiapan awal, pastikan jika Anda punya lahan yang sesuai. Lahan tidak harus besar, karena metode ini tidak begitu membutuhkan lahan besar. Cukup miliki lahan saja, misalnya di area sekitar rumah.
Kemudian pastikan untuk mencari wadah sebagai tempat hidup untuk bayam itu sendiri. Banyak wadah yang bisa digunakan, dan yang terbaik adalah menggunakan baskom bekas karena memang wadah ini lebih mudah dijumpai.
Atau bila ingin lebih bagus, Anda juga bisa memanfaatkan polybag. Sayangnya, Anda tidak bertanam secara hdroponik.
Hal selanjutnya tentu saja menebar benih, dan pastikan jika media tanamnya selalu dijaga sampai bayam benar-benar siap untuk dipanen.
Tanaman Hidroponik Cabe
Cabe merupakan tanaman yang paling sering digunakan di dapur. Setiap orang pasti butuh cabe, baik itu cabe yang standar sampai cabe keriting.
Cabe diperlukan sebagai pelengkap bahan di dapur. Dan bagi yang suka dengan cita rasa pedas, pastinya meninggalkan cabe adalah sebuah kekeliruan.
Menariknya, harga cabe sendiri cenderung lebih mahal. Bahkan di hari-hari tertentu saja, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah perkilo gramnya.
Menyadari akan peluang ini, tanaman hidroponik cabe bisa menjadi lahan utama untuk memperoleh penghasilan lebih besar.
Betapa tidak, untuk benihnya sendiri terbilang murah. Bahkan tidak mengeluarkan biaya bila Anda membenihkan sendiri semisal menyeleksi cabe yang sudah tua, kemudian mengeringkannya menjadi benih.
Di sini, Anda hanya perlu menanam dan merawat tanaman cabe hidroponik dengan benar. Dan beberapa bulan kemudian, Anda akan segera menikmati hasilnya.
Itulah 7 Peluang Usaha sayuran hidroponik yang bisa anda lakukan di sekitar rumah. Dengan catatan, Anda mau berusaha dan punya jiwa kewirausahaan yang kuat untuk meraih impian berpenghasilan tinggi dari usaha Anda.

The post 7 Peluang Usaha Sayuran Hidroponik Yang Bisa Anda Lakukan appeared first on Tabloid Peluang Usaha.

Tabloid Peluang Usaha

About Peluang123

Check Also

3 Bidang Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, suatu saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *