Home / bisnis / Bisnis modal kecil

Bisnis modal kecil

Banyak sekali orang yang ingin berwirausaha dan menjalakan suatu bisnis, banyak juga yang telah memulainya dan terus dijalankan. Seperti yang Anda ketahui, bisnis lekat sekali dikaitkan dengan usaha, wirausaha, pengusaha, dan memang bisnis berkaitan dengan hal hal tersebut atau menjadi bagian dari usaha, wirausaha, dan pengusaha. Jika Anda memiliki kemauan, Anda bisa memulai bisnis yang ingin Anda jalankan kapanpun asalkan Anda sudah mempersiapkan dan sudah memiliki hal hal yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan bisnis.

Namun, persiapan yang matangpun bukan menjadi jaminan Anda untuk bisa menjalankan bisnis Anda jika Anda tidak melakukan tindakan atau tidak ada action yang Anda lakukan untuk memulai dan menjalankan bisnis Anda. Seperti yang Anda ketahui, untuk menjalankan bisnis, diperlukan beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu modal, ide usaha, waktu, tenaga, dan bahan bahan keperluan bisnis Anda.

Salah satu yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut adalah modal. Bisnis kecil maupun besar, tentu membutuhkan modal yang harus Anda keluarkan untuk memfasilitasi keperluan dalam menjalankan bisnis Anda. Untuk apa modal tersebut?

Modal biasanya digunakan untuk membeli keperluan bahan baku, biaya transpotasi,  melakukan survey dan penelitian, membeli keperluan bisnis Anda, membayar produk/jasa yang Anda pakai dalam menjalankan bisnis Anda, dan masih banyak lagi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis yang kecil maupun yang besar membutuhkan modal. Namun, pelaku bisnis pemula biasanya menjalankan bisnis mulai dari yang kecil sebelum berkembang meluas menjadi bisnis yang besar. Oleh sebab itu, modal bisnis kecil ini tidak lebih memberatkan dari modal bisnis besar yang jumlahnya bisa mencapai ratusan juta.

Berbeda dengan bisnis modal kecil, berapapun jumlah modal yang Anda miliki, sangat mungkin untuk Anda gunakan dalam bisnis Anda. Apa saja bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan? Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis modal kecil yang banyak sekali diminati. Bahkan, ada yang tidak membutuhkan modal sama sekali untuk menjalankannya.

bisnis modal kecil

Bisnis modal kecil

Reseller
Anda mungkin sering mendengar istilah reseller yang dipakai oleh para pelaku bisnis atau usaha. Untuk menjadi reseller, modal yang Anda butuhkan bisa Anda tentukan sendiri berapa jumlahnya, dan hal tersebut berbanding lurus dengan jumlah barang yang Anda dapatkan. Sebagai contoh, Anda ingin menjadi reseller pakaian. Jika modal yang Anda miliki adalah 1 juta rupiah, dan harga baju yang akan Anda beli dari pemilik perusahaan adalah 50 ribu rupiah, maka jumlah baju yang Anda miliki adalah 20 buah.

Dropship
Berbeda dengan reseller, bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan lainnya adalah dengan menjadi dropshipper, namun keduanya adalah istilah istilah yang sering Anda dengar di kalangan bisnis. Dropship bahkan bisa dilakukan dengan tanpa modal sepeserpun. Bagaimana sistem dropship yang dimaksud? Anda bisa menjual barang dan jasa dari perusahaan lain, melalui Anda.

Kuliner
Bisnis modal kecil lainnya adalah dengan berbisnis kuliner. Kuliner yang dimaksud di sini adalah memproduksi makanan. sebagai contoh, Anda bisa berbisnis cemilan. Cemilan yang Anda dapatkan bisa dari supplier dan Anda hanya mengemasi ulang cemilan yang ingin Anda bisniskan. Dengan begitu, modal yang Anda perlukan tidak begitu besar alias kecil. Misalnya modal tersebut Anda butuhkan untuk mengemas ulang dan menempelkan stiker merek bisnis cemilan Anda.

About Peluang123

Check Also

5 cara sukses memulai bisnis bimbingan belajar

Bisnis bimbingan belajar atau biasa disebut dengan bimbel/kursus merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah sepi peminat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *