Home / bisnis / Info Gaji PNS Tahun 2016

Info Gaji PNS Tahun 2016

Banyaknya isu yang beredar tentang ketidakpastian gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2016 sempat menimbulkan keresahan pada PNS. Informasi yang akurat tentang kenaikan gaji PNS selalu ditunggu – tunggu oleh para PNS. Ada isu yang beredar di masyarakat bahwa Indonesia sedang mengalami defisit anggaran negara yang membuat gaji PNS batal cair. Tetapi isu tersebut telah diklarifikasi oleh menteri terkait.

Simpang siur tentang gaji PNS sering kali terjadi karena gaji PNS diambi dari APBN yang setiap tahun bisa berubah. Gaji PNS ke-13 adalah gaji yang diberikan kepada PNS sebesar gaji 1 bulan yang diberikan 1 tahun sekali. Gaji ke-13 diambil dari anggaran APBN. Pada tahun 2016 kebijakan baru diterapkan, yaitu PNS di beri gaji ke-14.

Pemerintah melalui kementerian keuangan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintah dengan memperhatikan tingkat inflasi yang berjalan. Salah satu cara yang digunakan guna memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik adalah dengan memberikan tunjangan hari raya bagi PNS. Pemerintah memastikan seluruh PNS mendapatkan THR pada tahun 2016. Selain gaji ke-13 yang biasanya diperoleh setiap tahun dan di terima pada pertengahan tahun.

Sehingga gaji yang diterima para PNS akan mengalami peningkatan mulai tahun 2016. Pemerintah memberikan THR kepada PNS sebagai ganti dihapuskannya kenaikan gaji setiap tahun mengikuti laju inflasi. Sehingga setiap tahun gaji pokok PNS tidak mengalami kenaikan. Sehingga dalam RAPBN tahun 2016 tidak mengalami kenaikan gaji pokok dan sebagai gantinya adalah gaji ke-14 atau dengan kata lain adalah THR.

Pemeritah menyatakan bahwa kebijakan gaji ke-14 atau THR hanya berlaku untuk sementara saja, yaitu pada tahun 2016 saja. Kemudian kebijakan tersebut akan dievaluasi apakah cocok diterapkan seterusnya atau tidak. Tidak hanya gaji ke-13 dan gaji ke-14 saja yang diterima oleh para PNS, akan tetapi masih ada tunjangan yang diterima seperti tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Pada tahun 2018 pemerintah berencana untuk menaikkan gaji pokok PNS hingga 14 juta per bulan yang diberikan sesuai dengan beban kerja, resiko dan tanggung jawab pekerjaan.

Undang undang ASN yang diterapkan pemerintah salah satunya adalah berubahnya sistem penggajian yang selama ini sudah berjalan sangat lama. Berdasarkan undang – undang tersebut, gaji yang diterima oleh PNS terdiri dari gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.  Gaji pokok yang diterima PNS besanya disamakan dengan pangkat, golongan dan masa kerja. Tidk memandang tempat bekerjanya PNS. Sehingga gaji yang diterima PNS seluruh Indonesia akan sama. Rancangan undang – undang yang baru akan mengubah sistem tersebut. Gaji yang diterima setiap PNS akan berbeda – beda tergantung dari tempat PNS tersebut bekerja.

Sistem baru yang akan diterapkan tersebut tentunya akan mengubah APBN dan APBD yang di keluarkan pemerintah. Dengan adanya sistem yang baru tersebut, besar kemungkinan akan mengeluarkan lebih banyak anggaran untuk menggaji PNS. Selain karena masalah anggaran yang bisa bertambah, tentunya akan mempengaruhi permintaan PNS yang ingin berpindah tempat kerja karena gaji yang didapat ditempat lain bisa lebih tinggi.

Selain isu tentang perbedaan gaji yang diterima di setiap daerah berbeda, isu yang lain adalah adanya wacana tentang jaminan kerja, jaminan kecelakaan dan jaminan kematian bagi PNS. Tentunya isu tersebut menjadi kabar gembira bagi PNS untuk mensejahterakan para PNS.

The post Info Gaji PNS Tahun 2016 appeared first on Rocket Manajemen.

Bisnis – Rocket Manajemen

About Peluang123

Check Also

5 Usaha Modal Kecil Bagi Pemula/Mahasiswa

Bagi anda yang ingin membuka usaha tetapi modal kalian yang sangat terbatas maka anda tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *