Home / bisnis / Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam untuk Pemula

Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam untuk Pemula

Setiap kita akan memulai sebuah bisnis pastinya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Agar nantinya tak ada kendala dalam menjalankan bisnis kita. Karena dalam bisnis kita akan membutuhkan sejumlah modal dan waktu, untuk itu pastikan membuat rencana bisnis agar tak ada kendala.

Dan tentunya nanti bisnis kita akan menghasilkan keuntungan bagi kita. Walaupun kita baru pertama menjalankan sebuah bisnis dan tak mempunyai pengalaman, hal ini bukan berarti kita akan menjalankannya dengan asal-asalan. Semua pastinya harus penuh dengan perhitungan, karena sebuah bisnis bukanlah suatu yang bisa kita peroleh secara instan.

Untuk itu kesempatan kali kita akan membahas sedikit tips ternak ayam bagi kita yang masih pemula. Agar lebih paham lagi silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Bisnis Ternak Ayam Bagi Pemula

Bisnis bukan selalu kita mulai dari sesuatu yang besar dan bermodal banyak. Kita bisa memulainya dari kecil dengan modal yang seadanya dulu tapi dengan memilih segmen pasar yang bagus. Dan salah satunya yakni dengan berternak ayam potong (ayam Broiler). Pastinya kita tahu bahwa kebutuhan (permintaan) daging ayam cukup tinggi dan boleh dibilang stabil. Karena itu boleh dibilang bisnis yang satu ini cukup menjanjikan.

Keuntungan dan juga pasar yang luas pastinya menjadi suatu pertimbangan tersendiri. Dengan harga daging dikisaran Rp. 20.000,00 sampai Rp. 30.000,00, bahkan pada saat momen-momen tertentu seperti lebaran ataupun natal harganya bisa naik. Sedangkan untuk biaya produksinya hanya sekitar Rp. 10.000,00 samapi RP. 15.000,00 per kilonya, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan juga terbuka lebar.

Modal Awal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Ternak Ayam

Pastinya saat kita ingin memulai sebuah bisnis kita akan membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Perhitungan modal ini sangatlah penting, agar nantinya kita mendapatkan sebuah gambaran untuk kesiapan dalam menjalankan sebuah bisnis. Jangan sampai modal kita tak mencukupi sehingga membuat bisnis kita terhenti di tengah jalan.

Untuk memulai bisnis ternak ayam potong, berikut ini adalah gambaran modal awal yang kita butuhkan :

Modal Tetap Ternak Ayam

 5 buah Kandang ayam (3 x 3 meter)RP.

3.000.000,00

10 buah tempat minum ayamRP.

70.000,00

10 buah tempat makan ayamRP.

50.000,00

5 buah lampu penerangRP.

25.000,00

Total Modal TetapRP.

3.145.000,00

Modal Tak Tetap Ternak Ayam

200 ekor ayamRP.

2.000.000,00

5 karung konsentratRP.

600.000,00

Obat-obatanRP.

120.000,00

Biaya listrikRP.

35.000,00

Total modal tak tetapRP.

2.755.000,00

Total Modal Keseluruhan Sekitar Rp. 5.900.000,00

Tips Sukses Beternak Ayam

Pastinya saat berbisnsi kita tak mengiginkan sebuah kegagalan. Untuk itu agar mengurangi kegagalan dalam berbisnis ternak ayam berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu kita:

  1. Siapkan kandang yang sesuai dan ideal, pastikan cukup cahaya matahari dan juga sirkulasi udara. Pastikan juga suhu agar tetap stabil.
  2. Siapkan juga berbagai hal pendukung yang lainnya dengan baik. Seperti kandang, ketersedian sumber air, pakan, peralatan makan dan minum, dan lain sebagainya.
  3. Berikan perhatian ektra pada 14 hari pertama, karena masa-masa itu ayam rentan kena penyakit.
  4. Berikan pakan dan minum secara teratur dan juga jaga kebersihan kandang serta lingkungan sekitarnya.
  5. Jangan lupa melakukan vaksinasi. Dan juga lakukan pemberian antibiotik serta vitamin.

Apapun bisnis yang kita lakukan pastikan kita melakukan perhitungan dengan tepat. Siapkan bisnis dengan segala perencanaan yang matang, agar kita mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

Dan pastikan juga ketersedian modal kita, jangan sampai kita terlalu ambisius sehingga modal ktia tak mencukupi untuk operasional bisnis. Dan yang paling penting kerja keras dan jangan lupa berdoa.

The post Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam untuk Pemula appeared first on Rocket Manajemen.

Bisnis – Rocket Manajemen

About Peluang123

Check Also

3 Bidang Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, suatu saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *