Home / peluang usaha / Waralaba

Waralaba

Apa yang ada di benak Anda begitu mendengar kata waralaba? Mungkin sebagian besar orang memahami atau sudah tahu apa arti dari waralaba tersebut. Namun, masih banyak juga orang yang belum tahu arti dari waralaba. Arti dari waralaba adalah hak atau kebebasan dalam menjual produk, jasa, atau layanan. Jika Anda masih belum begitu memahami apa arti waralaba, simak penjelasan di bawah ini:

Waralaba

waralaba

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Sebagai contoh, apakah Anda pernah pergi ke McDonals untuk menyantap hidangan mereka? McDonals yang ada di Indonesia adalah contoh dari jenis waralaba. Perusahaan McDonals berasal dari luar negeri, namun individu atau perusahaan di Indonesia ingin menjalin waralaba dengan McDonals sehingga merek, nama, sistem, prosedur, dan cara cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu digunakan di Indonesia. Selain McDonals, masih banyak lagi contoh usaha waralaba di Indonesia.

Perusahaan lokal atau asli berasal dari Indonesia pun sudah banyak yang menyediakan jasa waralaba untuk dijalankan oleh individu atau perusahaan lain. Sebagai contoh, Kebab Baba Rafi yang banyak bertebaran di tempat tempat atau di sekitar Anda adalah contoh dari jenis waralaba. Bisnis waralaba ini cukup menjamur di Indonesia karena mendatangkan keuntungan dan manfaat. Apa saja kelebihan dari menjalankan usaha waralaba? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.
Merek dan nama produk/jasa

Dalam menjalankan usaha waralaba, merek dari produk/jasa yang dimiliki oleh perusahaan sebagai pemberi waralaba cenderung sudah terkenal dan sudah memiliki nama besar yang dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga individu/masyarakan yang memakai produk/jasa waralaba yang dijalankan sudah percaya akan kualitas produk/jasa tersebut.
Sistem yang berlaku

Menjalankan usaha atau bisnis apapun, tentu harus ada sistem yang berlaku. Dalam kasus menjalankan bisnis/usaha waralaba, sistem yang berlaku tersebut sudah ditetapkan oleh pemberi waralaba sehingga kita hanya diminta untuk mengikutinya dengan baik dan benar.
Prosedur

Berbeda dengan menjalankan usaha/bisnis yang dibangun sendiri, prosedur yang diterapkan harus kita buat sendiri. Dengan menjalankan usaha waralaba, prosedur menjalankan usaha tersebut sudah ditetapkan oleh pemberik waralaba sehingga kita tidak perlu pusing pusing untuk mencari/membuat prosedur yang diberlakukan, hanya ikuti saja prosedur pengerjaan yang mereka berikan.
Jangka waktu yang diberikan

Ada yang menerapkan lamanya menjalani waralaba dari perusahaan yang memberi waralaba, ada juga yang membebaskan individu/perusahaan yang menerima waralaba untuk menentukan sendiri berapa lama waktu yang mereka inginkan. Dengan begitu, jika kita ingin menyudahi atau memperpanjang kontrak waralaba tersebut, kita tinggal menentukannya saja.

About Peluang123

Check Also

usaha butik rumahan

Usaha rumahan yang menjanjikan dan juga menguntungkan

Ada banyak sekali jenis usaha yang ada di dunia ini yang bisa dijalankan atau dilakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *